Business LifeStyle

7 Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Membuka Toko Online

Written by Ahmad Niam

Persiapan Membuka Toko Online – Tak sedikit dari pelaku jualan online mengalami kesulitan karena mereka tak memikirkan konsep secara matang dan Terperinci.

Akibatnya hanya ada 2 ksempatan, antara Gagal, atau Berhasil dengan catatan tak memiliki Income yang pasti.

Dalam jualan online, anda dituntut untuk kreatif dan selalu up to date terhadap perkembangan teknologi yang semakin maju. Tanpa itu, jangan heran kalo anda akan mengalami kegagalan.

Selain inovasi, ada 7 hal yang wajib anda perhatikan sebelum memulai bisnis Online Shop dengan membuka toko online sendiri.

Berbeda ketika anda jualan di Sosial Media, BBM, atau di MarketPlace.. Itu semua terlalu mudah… Anda tinggal ikut sistem, duduk manis dan melayani pembeli dengan tenang.

Tapi dibalik kemudahan itu, ada yang jauh lebih Asik…. Yaitu ketika anda berhasil membuat dan mengembangkan toko online sendiri hingga dapat ratusan pembeli / hari.

Berkaca dari banyaknya Pemula yang suka salah langkah dalam jualan online, disini saya akan membantu anda bagaimana Persiapan yang benar ketika memutuskan untuk jualan online.

Panduan ini sepenuhnya dari pengalaman saya selama menjadi Online Marketer. Jadi sudah 100% berhasil, dengan syarat anda melakukannya secara konsisten.

Oke, sebelum masuk ke materi utama, akan lebih bijak jika anda beristirahat sejenak, tenangkan pikiran anda… Luangkan waktu anda untuk berkonsentrasi memahami materi ini secara keseluruhan!.

Persiapan Membuka Toko Online


sistem yang memudahan konsumen

#1 Gunakan Sistem yang Memudahkan Konsumen

Sekarang anda lihat Sistem Transaksi, sistem pembayaran, hingga sistem pengiriman barang oleh toko-toko online yang sudah besar, apa ada yang menyusahkan konsumen? Tentu tidak ada, mereka menjadi besar karena konsumen merasa puas.

Masalah konsumen terselesaikan tanpa adanya permasalahan baru. Misalnya pada metode pembayaran, Kita tahu tak semua orang akan menggunakan Bank “A”, maka dari itu anda harus menyediakan metode pembayaran mulai dari Bank “A B C D E F – Z” hingga metode pembayaran  virtual.

Semakin lama Sistem toko online akan terus diperbaharui, sehingga anda harus menyesuaikanya pada toko online anda. Jika anda tak memiliki dana khusus untuk hal Riset me Riset, anda bisa meniru toko online yang sudah besar.

Anda tengok situs jual beli Alibaba, Lazada, Blibli. dll… Jika sistem mereka bagus silahkan terapkan, jika diras kurang, silahkan anda perbaharui dengan cara anda.

Intinya, selalu gunakan sistem yang memudahkan konsumen untuk membeli di tempat anda,…


#2 Buat Website yang Trendy dan Kekinian

Salah satu element kesuksesan Toko Online adalah tampilan yang menarik dan nyaman bagi pengunjung. Tanpa itu semua mustahil website toko online anda akan sukses.

Website yang menarik punya kriteria-kriteria berikut:

  • Navigasi yang jelas
  • Kombinasi warna yang pas, Seperti Flat Design, dan Meterial Design
  • Desain website minimalist
  • Produk bisa terlihat jelas oleh pengunjung
  • Memiliki kecepatan load yang tinggi

Gunakan layout yang simple, jangan terlalu ribet dengan embel-embel widget yang gak berguna. Usahakan agar Anda tetap konsisten dalam menggunakan satu Theme dalam waktu tertentu.

Buat agar Page per Page dari website anda berbeda-beda, entah dalam segi pewarnaan atau lainnya. Yang pasti jika anda menerapkan konsep tersebut, pengunjung akan betah berlama-lama mengunjungi toko online anda.

Penggunaan web yang rumit dan membingungkan akan membuat para pengunjung kabur ke toko online saingan anda, pastinya ini sangat merugikan anda,


#3 Pastikan Anda Sudah Punya Produk Buat Dijual

Namanya saja toko online, pasti menjual produk. ya kan?? Asal anda tahu, tak jarang saya menemui kawan yang ingin membuat toko online sendiri, tapi belum memiliki produk sendiri.

Terus saya tanya, Mau buat apa itu toko online nantinya? 

Dia cuma bilang, buat iseng-iseng mas, supaya temen2 saya ngiranya saya jadi Pebisnis Online, padahal masih belum punya apa-apa….

Nah loh, Sangat mengenaskan bukan? Buat toko online mahal-mahal tapi cuma dipake gengsi-gengsian.

Itu sangat buang-buang waktu anda!!

Kalaupun anda masih belum punya produk buat dijual, anda bisa menjadi Dropshipper untuk mendapatkan komisi disetiap produk yang berhasil terjual.

Komisi untuk setiap produk rata-rata 15% dari harga barang, kalo lagi untung anda bisa mendapatkan komisi 20%. Sangat menggiurkan bukan? Pastinya!

Jadi, mulai dari sekarang putuskan untuk berbisnis online, toh ini bisa anda lakukan dirumah. Dan tanpa dibutuhkannya skil buat memulai.

Pilihan ada di tangan anda!


#4 Mencari Celah dan Jadikan itu Peluang

Celah disini bukan celah dalam mencari kelemahan lawan, tapi lebih condong ke Permasalahan Konsumen anda. Jadi tugas anda mencari dimana dan bagaimana konsumen anda membutuhkan suatu penyelesaian masalah.

Setelah anda berhasil me-risetnya, sekarang tugas anda untuk mengubahnya jadi Peluang. Jadi disini ada 2 pihak yang sama-sama di untungkan, Konsumen yang masalahnya terselesaikan, dan Anda akan mendapatkan hasil.

Misalnya:

Anda ingin jualan produk Busana Wanita, sekarang anda catat apa saja yang menjadi permasalahan Konsumen anda. Misalnya harga bussana wanita yang terlampau mahal, hingga 100 juta/biji.

Nah, sekarang bagaimana cara anda membuat Harga busana wanita itu turun, sehingga pelanggan akan membeli dari anda.  Entah dengan membeli bahan baku langsung dari pabriknya, atau meruncingkan ongkos produksi,

Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan anda, yang pasti selama menjalankan bisnis online, anda harus banyak-banyak melakukan riset dilapangan.


#5 Tahu Persaingan Kompetisi Bisnis

Baik Bisnis online maupun offline pasti ada yang namanya Persaingan. Untuk memenangkan sebuah persaingan, anda harus mempunyai sesuatu yang berbeda.

Ketahui kompetisi bisnis Anda dulu, baru melalakukan strategi pemasaran.. Bukan sebaliknya!!

Semakin berat tingkat persaingan pada bisnis anda,, maka semakin besar pula tenaga dan modal yang harus Anda keluarkan…

Namun, kabar baiknya khusus untuk Toko Online anda bisa dengan mudah mengintip tingkat persaingan pada Bisnis online yng anda jalankan.

Dengan Google AdWords Keyword Planner, anda bisa mengetahui besar kecilnya kompetisi bisnis online yang dijalankan. Data ini mencakup Visitor / Bulan, CPC, tingkat persaingan. Selain itu anda bisa mendapatkan Keyword yang bisa anda terapkan pada toko online anda.


Jika anda sudah mengetahui tingkat persaingan pada Bisnis Online Anda, selanjutnya menyiapkan strategi pemasaran yang ampuh untuk mendatangkan pembeli.

Lebih lengkapnya silahkan anda lanjut membaca panduan ini hingga selesai…


Menyusun Strategi Pemasaran

#6 Menyusun Strategi Pemasaran

Dalam sebuah usaha, ada hal yang lebih penting daripada membuat dan menciptakan produk baru secara terus menerus. Yaitu Menyususun Strategi Pemasaran.

Bisa dikatakan, strategi pemasaran merupakan kunci berhasilnya penjualan suatu produk. Strategi Pebasaran yang baik dengan diiringi produk yang berkualitas akan menciptakan sebuah brand mudah dikenal konsumen.

Strategi pemasaran ini meliputi:

  • Memahami Karakter Konsumen

Setiap jenis produk pasti memiliki karakter konsumen yang berbeda-beda. Ada yang langsung melakukan Closing ketika ada produk baru, seperti Tas Wanita, Busana wanita dll.

Dengan mengenali Karakter Konsumen terlebih dahulu, berarti kedepannya anda sudah tahu apa saja permasalahan mereka, dengan begitu anda bisa mencari penyelesaian masalah terhadap masalah tersebut.

  • Promosi

Banyak pakar bilang, 20% untuk membuat produk dan 80% untuk promosi. Jadi promosi harus berkali-kali lipat dari frekuensi pembuatan produk.

Tanpa promosi, mustahil akan ada orang yang mengetahui Toko Online anda. Anda bisa berpromosi melalui jaringan periklanan FB ADS, Instagram ADS, Adword, Adf.ly, Popcash, dll.

  • Jalin Hubungan Baik Dengan Konsumen

Jalinlah hubungan yang baik dengan konsumen. Lakukan email List untuk sekadar memberitahukan produk baru anda kepada mereka, dan promo yang sedang berjalan.

Konsumen membutuhkan produk dan anda membutuhkan konsumen untuk orientasi keuntungan. Maka itu, terapkan simbiosis mutualisme dalam hal berbisnis online


sistem yang memudahan konsumen

#7 Paham Resiko Dalam Membuka Toko Online

  • Punya Banyak Saingian

Semakin tinggi pesaing anda, semakin sulit pula anda mendapatkan pembeli. Tentu di indonesia daya beli orang sangat rendah, ini tidak sebanding dengan banyaknya penjual. Berbeda jauh di negara maju.

Anda harus memutar otak bagaimana agar anda bisa menghadrikan sesuatu yang baru, akhirnya orang-orang akan memilih  produk yang anda jual daripada tetangga sebelah.

  • Server Down Bisa Menghambat Bisnis Anda

Tak bisa dipungkiri, kualitas server lokal masih jauh dari Sempurna. Anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk menyewa VPS untuk mendapatkan kualitas server terbaik

  • Orang-orang lebih memilih Toko Online yang Malang Melintang di TV

Tentu, melalui Pengulangan yang dilakukan terus menerus akan membuat orang serasa Familiar terhadap suatu Brand. Ini berlaku pada toko online yang terbiasa beriklan di televisi,

Akhirnya orang-orang lebih memilih Produk yang mereka jual, daripada toko online ecek-ecek dengan resiko barang tidak dikirim / barang tidak berkualitas.

Faktanya, anda membutuhkan waktu setidaknya 1 tahun untuk terus melakukan Promosi dan Prmosi. Sebab musuh anda adalah brand-brand besar, seperti LAZADA, Alibaba, dll..


hal hal teknis.jpg

#Bonus: Pahami Hal-Hal Teknis

Hal-hal tekniks dalam menjalankan bisnis online sebaiknya juga anda pahami. Sebagai contoh Anda Online Marketer, maka ada baiknya disamping memahami cara bejualan online, Anda juga harus paham cara membuat toko online, SEO, Promosi dll.

Meski tidak wajib, namun ada baiknya Anda menguasai dasarnya saja, tidak harus mendetail. Hal ini bermanfaat mengurangi biaya teknis jika ada permasalahan kecil, anda bisa memperbaikinya sendiri.


KESIMPULAN

Beberapa hal yang saya sebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dari puluhan hal yang sebaiknya anda persiapkan sebelum membuat toko online. Jika hal – hal kecil saja tidak anda kerjakan secara serius, bagaimana mungkin toko online anda bisa sukses?

Membangun Toko Online yang sukses hanya memerlukan konsep yang besar dengan dasar yang benar. Tugas anda adalah membuat konsepnya, hingga membuat konsep tersebut menjadi kenyataan.

Itu sudah cukup daripada anda membayar orang miliaran rupiah untuk menjalankan toko online anda!

Lebih baik berkonsultasi sebelum melakukan kesalahan daripada merubuhkan yang sudah ada dan membangun yang baru. Salam Sukses untuk anda !

About the author

Ahmad Niam

Seorang Pemuda Penggiat Teknologi Sejak Pentium 4 Hingga Munculnya Konspirasi Bumi Datar yang Kini Fokus Pada Affiliate Marketing dan Jualan Online

Leave a Comment