Tips dan Trik

7 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mulai Membuat Website

membuat website
Written by Ahmad Niam

Sebelum Mulai Membuat Website Sendiri – Peran Website di era digital seperti sekarang telah menggantikan media bertukar informasi yang telah ada sebelumnya, seperti Surat Kabar, Buku, ataupun Majalah.

Website dinilai lebih ekonomis dan efisien mengingat biaya untuk membuat website tergolong rendah dan dapat digunakan maksimal untuk menunjang berbagai bidang kehidupan,

Banyak perusahaan Media Informasi yang dulunya menggunakan pendekatan dunia nyata kini beralih menggunakan media Website. Seperti Kompas, Jawapos, dll.

Semakin mudahnya membuat website dan dukungan server yang kuat membuat sebagian orang berlomba-lomba menciptakan website hingga besar.


Terlebih ketika kita bisa mendapatkan banyak uang dari website.

Tak banyak yang tau, mungkin sebagian orang akan mengira website adalah media untuk Perusahaan dan lembaga-lembaga besar, ataupun toko online.

Website itu beragam, bukan cuma Toko online, bukan cuma media sosial, bukan cuma Blog. Tapi lebih dari itu, Blog, toko online itu cuma sebagian dari jenis website.

Ada Wiki, Search Engine, Portal, Archieve Site, dll

Mas, Apa kita bisa membuat website sendiri?

Jawabannya sangat bisa! tapi ada beberapa hal yang harus anda persiapkan. Ini akan kita kupas nanti.

Sebelumnya saya sudah membuat konten cara membuat website dalam 30 menit menggunakan wordpress. Untuk membuat website gratis saya sudah memberikan panduan dengan menggunakan blogger.

Mereview dari pertanyaan sebelumnya.. Apa sih yang harus di persiapkan sebelum membuat website? Apakah uang yang banyak? Waktu, ? atau yang lain?

Daripada basa-basi, mari kita masuk ke materi utama…. Sebelumnya, mohon untuk mempersiapkan konsentrasi agar dapat memahami apa yang saya sampaikan dengan mudah…


Menentukan Tujuan Pembuatan Website

#1 Menentukan Tujuan Pembuatan Website

Sebelum mulai membuat website, ada baiknya anda menentukan tujuan dan konsep. Ini dimaksudkan agar website anda bisa terbentuk karakternya sedari awal. Ini juga berlaku sebelum anda menyewa programmer untuk membuat website.

Semua jenis webiste butuh perencanaan, contohnya Toko Online.. Sebelum mulai membangun toko online, anda harus menentukan dulu apa yang akan anda jual. Karena toko online harus spesifik.

Contoh lain adalah Blog, Wiki, Forum… Sebelum membuat itu semua, anda harus menentukan tujuan dan konsep.

Intinya, sebelum mulai membuat website tentukan konsep dan tujuannya dulu seperti apa. Tulis di secarik kertas, bisa juga di Word, Notepad dll.


Memilih Nama Domain

#2 Memilih Nama Domain

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Domain di sebuah website memiliki peranan yang sangat penting. Seperti:

  • Domain yang unik akan memudahkan orang mengingat website anda
  • Domain yang sesuai dengan konsep website memudahkan mesin pencari mengidentifikasi website anda
  • Domain premium memberikan kesan premium

Oleh sebab itu, cari dan pilih nama domain yang memang benar-benar sesuai dengan Konsep website anda. Jangan sampai anda memilih nama domain AkuSukaMakan.com kalau website anda membahas Komputer.

Banyak orang belum sadar, menggunakan domain yang terlalu panjang akan membuat website terlihat tidak profesional.

Tips Memilih Nama Domain Terbaik Untuk Website Anda

Untuk itu, Pilih nama domain maksimal 8 huruf, idealnya untuk nama domain premium adalah dibawah 5 huruf.

Selain itu, penting bagi kita untuk memilih Layanan Registrar domain terpercaya. Saya akan mengulas registar domain dan hosting di poin selanjutnya.


#2 Memilih Web Hosting / VPS

Kalau nama domain adalah Alamat Website anda, Hosting sendiri merupakan Tempat untuk menyimpan data website anda agar bisa di akses melalui jaringan internet.

Hosting / VPS bisa anda ibaratkan sebagai rumah ataupun Hardisk di PC anda. Sama-sama menggunakan storage untuk menyimpan data.

Anda bisa membangun sebuah webserver sendiri, tapi itu dirasa sangat memberatkan. Terlebih jika listrik di tempat anda tida stabil, ataupun previder internet yang belum mencover lokasi anda.

Solusi terbaiknya adalah menyewa hosting dari penyedia hosting terbaik lokal / luar negeri.

Harganya pun beragam Mulai 300rb/tahun hingga jutaan rupiah/tahun.

1. Shared Hoting

Shared Hosting sangat cocok untuk website yang baru berkembang. Sebab source untuk satu vps akan dibagi dengan Beberapa ratus Shared Hosting.

Bisa dibayangkan betapa sesaknya Shared Hosting yang banyak di jual Hoster lokal ataupun luar. Biaya untuk shared hosting berkisar antara 20-50rb/bulan. Sangat murah untuk website kelas bawah..

2. Cloud Hosting

Meskipun sama-sama menggunakan Satu Source untuk beberapa Akun Hosting, namun teknologi yang digunakan Cloud Hosting terbilang lebih mumpuni. Ini terbukti dari Server Cloud Hosting yang stabil dan cepat diakses.

Meskipun harga Cloud hosting diatas Shared Hosting yang banyak dijumpai…, ini cocok untuk website yang mulai berkembang,

3. VPS

Jenis hosting selanjutnya adalah VPS, VPS memiliki sumber daya yang jauh lebih besar dibandinkan dengan Cloud Hosting ataupun Cloud Hosting.

Meskipun harganya yang lumayan menguras kantong, namun performa yang dihasilkan VPS sangatlah besar. Ini sangat cocok untuk website yang sudah berkembang. salah satu penyedia VPS terbaik dunia Adalah DigitalOcean.

4. Dedicated Server

Server jenis ini banyak digunakan oleh Lembaga pemerintahan atau perusahaan yang punya Jutaan traffict/hari. Dedicated Server menggunakan satu komputer server secara penuh, anda bisa mengkontrol keadaan komputer anda sendiri tanpa harus mengurusnya.

Harga Dedicated Server kisaran 1-5 juta/bulan. Tentu ini sebanding dengan hasil yang akan anda dapatkan.

Berikut Saya Jabarkan Beberapa Penyedia Hosting dan Domain Terbaik:

  1. NiagaHoster
  2. NusantaraHost
  3. RumahWeb
  4. BlueHost
  5. iPage
  6. JogjaHost
  7. Qwords
  8. dll.

Selengkapnya bisa anda lihat di 10+ Penyedia hosting Terbaik Indonesia


Mencari Programmer / Jasa Pembuatan Website

#3 Mencari Programmer / Jasa Pembuatan Website

Poin ini khusus anda yang tak ingin repot dalam pembuatan website dan ingin terima beres… Untuk anda yang ingin membuat website kelas menengah ketas ada baiknya untuk mempertimbangkan menggunakan jasa programmer.

Banyak jasa pembuatan website yang memberikan pelayanan yang sangat memuaskan, semua tergantung paket mana yang anda pilih.

Idealnya jasa pembuatan website akan mematok dengan harga 1 -5 juta untuk kelas menengah, dan 5-20 juta untuk kelas atas.

CMS opensource seperti WordPress, Joomla. Drupal dsb memang bagus, tapi ada jutaan website menggunakan engine yang sama. Maka dari itu, jika anda ingin sesuatu yang berbeda mungkin bisa menyewa jasa pembuatan web,

Ini dia beberapa rekomendasi jasa pembuatan website terbaik:

  1. IndoWebXspress 
  2. BikinDesainSitus

Saya sering menggunakan jasa pembuatan website diatas untuk perusahaan dan lembaga-lembaga besar. Selain harga yang terjangkau, IndoWebXspress juga siap membuat tampilan yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Kalaupun anda ingin mencari jasa pembuatan web lain, berikut tips sebelum melakukan kontrak:

  • Pastikan penyedia jasa yang anda pilih mempunyai jam terbang
  • Bandingkan penyedia layanan satu dengan yang lain
  • Lihat fitur apa saja yang mereka tawarkan
  • Lihat testimoni pelanggan, apakah memuaskan atau justru mengecewakan

#4 Memilih CMS yang Tepat

CMS atau Content Management System merupakan aplikasi web yang berfungsi untuk mengatur dan mengelola website anda. CMS mempunyai fungsi yang sangat penting dalam pengembangan website

Ada banyak CMS yang bisa anda gunakan, entah Gratisan ataupun Berbayar. Semuanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

1. WordPress

CMS ini bisa anda gunakan untuk berbagai macam kebutuhan website. WordPress sangat mudah dalam pengelolaan, dan cocok untuk pemula. Selain itu, untuk menggunakan wordpress anda tak harus bergeming dengan jutaan code seperti membuat CMS dari nol.

Anda tinggal menginstall WordPress yang sudah anda dapatkan di Situs resmi WordPress.org

2. PrestaShop

Selain wordpress ada PrestaShop, CMS ini dibuat khusus untuk toko online. Jadi buat anda yang hendak membuat toko online sendiri bisa menggunakan wordpress.

3. Joomla!

Berbeda dengan WordPress, mungkin CMS ini akan sedikit membingungkan bagi pemula. Karena Joomla! membutuhkan sedikit sentuhan Code dari Programmer agar bisa di gunakan secara maksimal.

4. Flarum

Seperti namanya, CMS ini di khususkan untuk membuat sebuah forum bergaya Flat Design. Selain Gratis, CMS ini telah mendukung PHP7 yang punya performa lebih asik daripada versi PHP sebelumnya.


#5 Persiapkan SDM

Selain Peralatan tempur diatas, anda juga harus mempersiapkan Sumber Daya Manusia untuk mengelola website anda. Meskipun anda bisa mengurusnya sendirian, tapi akan lebih baik bila anda merekrut orang untuk membantu anda.

SDM ini bisa anda tepatkan di bagian Teknis, Marketing, Content, ataupun Costumer Support.


#6 Persiapkan Mental

Mengembangkan website dari noll itu sangat menguras tenaga dan pikiran terutama jika webite yang anda kembangkan mengalami kegagalan / suatu masalah yang sulit selesaikan.

Membuat website itu sangat mudah, tapi membuatnya berkembang itu yang sulit. Anda harus bersaing dengan jutaan website lain. Tentu keberhasilan anda ditentukan dari cara anda promosi dan membuat inovasi baru.


#7 Persiapkan Budget

Persiapan terakhir sebelum membuat website sendiri adalah mempersiapkan besaran budget yang harus dikeluarkan demi terwujudnya website idaman anda.

Budget ini relatif tergantung bagaimana website idaman anda dibangun. Seperti Kebutuhan hosting, Domain, SSL, dsb.

Rata-rata website yang baru dibuat dan belum memiliki Pengunjung akan membutuhkan 500-1 juta rupiah. Perhitungan ini belum termasuk Pasang iklan, Sewa Orang di bagian marketing, pengelolaan website dll.

Jika anda ingin membuat toko online skala menengah dan keatas, sedikitnya anda membutuhkan -+ 1-5 juta untuk tahap awalnya. Ini termasuk VPS, Domain, SSL.

Memang untuk membuat website sesuai idaman dibutuhkan dana yang tak sedikit,tapi tentu ini akan sebanding dengan hasil yang anda dapatkan jika website anda sukses nantinya.

KESIMPULAN

Setelah anda mengerti apa saja yang harus dipersiapkan sebelum membuat website sendiri, selanjutnya bagaimana anda memulai Action dan mewujudkan website impian anda.

Jika ada hal-hal yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar dibawah, kini giliran anda untuk Mencoba dan buktikan kalo membuat website sendiri Itu mudah!

Sekian, semoga artikel ini dapat bermanfaat…

About the author

Ahmad Niam

Seorang Pemuda Penggiat Teknologi Sejak Pentium 4 Hingga Munculnya Konspirasi Bumi Datar yang Kini Fokus Pada Affiliate Marketing dan Jualan Online

Leave a Comment

6 Comments

  • Mas, kalau untuk bisa optimal dalam mengelola website dan peringkatnya bagus, adakah rekomendasi untuk CMS yang bagus?
    dan bagaimana caranya meningkatkan pengunjung website ya?
    terima kasih

    • 1. CMS terbaik itu relatif, CMS A belum tentu baik untuk Jenis Website B, begitupun sebalknya…
      —————
      Tapi saya punya pilihan…
      – Untuk blog: WordPress yang terbaik
      – Untuk toko online: Prestashop, Meganto
      – Untuk forum Flarum

      2. Bisa melalui Paid Traffict dengan cara beriklan di jaringan periklanan, seperti Fb ADS, Adword, Adf.ly, dll
      Bisa juga memalui SEO, dengan mengoprimalkan website agar ramah terhadap mesin pencari.

      Banyaknya pengunjung tergantung dari kualitas konten yang anda buat,

  • Terima kasih informasinya Mas Ahmad Niam,
    Misalnya saya sudah membuat content yang ‘menurut saya’ lumayan bagus 🙂 namun niche-nya terbatas, apakah model seperti itu bisa dilanjutkan atau ganti tema ya?

    sekali lagi terima kasih

    • Dear Wadiyo

      Tergantung minat mas… Kalo anda memang sangat menyukai “Niche” itu, silahkan di lanjut. Tapi dengan acuan “Penghasilan” apakah menjanjikan atau tidak.

      Saya punya pilihan lain, mas lanjut saja pada Niche yang mas maksud, di sisi lain mas sambil menggarap Blog dengan niche yang lebih potensial untuk di monitize

    • Dear HERUTOMO

      Saya menggunakan theme Voice dari Meks yang bisa dibeli di Themeforest seharga -+59$.
      pastikan memilih theme yang sesuai dengan jenis website ya…

      Terima kasih sudah berkunjung 🙂