Tips dan Trik Webhosting Terbaik

7 Kesalahan Pemula Dalam Memilih Web Hosting yang Harus Anda Hindari

Written by Ahmad Niam

Memilih Web Hosting – Sebelum anda mulai membuat website untuk pertama kalinya, hal pertama yang perlu anda lakukan tentu saja memilih web hosting yang sesuai dengan kebutuhan website anda hingga satu tahun mendatang.

Namun, yang jadi masalah yaitu banyaknya providor yang berkompetisi di bidang ini terkadang membuat pelanggan bingung harus memilih mana yang terbaik. Karena tak jarang mayoritas dari mereka menggunakan cara yang tak sehat dalam teknik pemasarannya.

Misalnya saja yang paling umum menggunakan embel-embel Unlimited. Tentu bagi sebagian pemula embel-embel atau Gimmick seperti ini memberikan kesan yang Wooww.. Padahal realitanya tak selalu begitu.


Anda pasti berfikir bahwa Hosting Terbaik yang menawarkan fitur unlimited bandwidth berarti Anda sebagai klien akan benar-benar mendapatkan bandwidth & disk space yang tak terbatas, padahal realitanya yang namanya Source gak ada yang Unlimited.

Semua tetap pada batas penggunaan yang wajar.. Nah, untuk menghindari yang namanya salah pilih hosting, disini saya akan berbagi pengalaman tentang 7 Kesalahan Paling Umum dalam Memilih Web Hosting dengan harapan dapat menjadi pelajaran bagi anda dimasa depan,,,

Oke, tanpa basa basi lagi, yuk kita masuk ke pembahasan utama.. Selamat membaca…

#1 Tergiur Embel-Embel Unlimited

Seperti yang sudah saya katakan diatas, ini adalah kesalahan utama para pemula termasuk saya pribadi di masa lalu… Dulu saat memilih web hosting, hal yang pertama saya tekankan adalah memilih perusahaan yang menggunakan embel-embel Unlimited.

Tentu dengan harapan akan mendapatkan yang terbaik. Namun yang saya temui justru sebaliknya. Saya terlalu fokus akan Gimmick unlimited dan melupakan perusahaan-perusahaan yang menyatakan kebenaran secara detail tanpa embel-embel unlimited.

Padahal perusahaan semacam inilah yang seharusnya anda pertimbangkan & anda pilih. Apa gak gila tuh, misalnya anda dapat hosting seharga 10rb / bulan, tapi udah dapat fitur unlimited disk space & unlimited bandwith?? Masih yakin dengan embel-embel unlimited?

Setelah menggunakan VPS, saya semakin sadar, bagaimana Spesifikasi server lebih penting daripada hanya melihat kualitas hosting dari Resource yang diberikan… Biasanya mengenai penjelasan Unlimited ini di tuliskan pada halaman syarat dan ketentuan.

Biasanya, yang dimaksud oleh perusahaan akan kata Unlimited yang sebenarnya berarti Dalam penggunaan yang wajar dari resource yang dibutuhkan oleh website anda. Misalnya saat anda memilih web hosting untuk toko online..

Tentu anda sudah mempertimbangkan untuk memilih paket yang layak. Misalnya dengan CPU, Ram, dan Vram yang lebih tinggi. Untuk menopang data & arus data nantinya, barulah anda mempertimbangkan untuk memilih Disk Space & Bandwith yang lebih tinggi juga.

Intinya, Spesifikasi server & Resource haruslah sebanding. Karena kedua hal ini yang menjadi jaminan apakah website anda akan cepat di akses atau justru sebaliknya.

#1 Tergiur Harga Murah

Perusahaan web hosting saat ini memang mengandalkan promo besar-besaran untuk menggait pembeli. Terlebih dihari-hari yang kita anggap istimewa, seperti hari besar nasional. bulan puasa, dan lebaran.

Namun, yang jadi masalah karena harga yang ditawarkan suatu perusahaan terlalu murah, terkadang mereka justru melupakan kualitas & kuantitas layanan mereka untuk menekan biaya operasional.

Misalnya, perusahaan yang masih menggunakan HDD, sesuai aturan yang disepakati, HDD dalam komputer server haruslah berusia maksimal 2 Tahun. Karena untuk menekan biaya operasional, terkadang ada saja oknum yang masih menggunakan HDD padahal usianya sudah 5-6 tahun.

Hal-hal kecil semacam inilah yang sangat merugikan anda sebagai konsumen karena berpotensi Kehilangan data secara permanen. Meskipun data-data yang ada di server adalah tanggung jawab Client, namun pemilik server bertanggung jawab penuh atas kelayakan hardware.


#3 Terjebak Testimoni Palsu

Karena mudahnya memulai membangun usaha Web Hosting, maka tak heran banyak reseller / perusahaan baru yang bermunculan. Untuk mendapat kepercayaan dari anda, maka tak sedikit dari perusahaan baru membuat testimoni palsu.

Ini benar-benar harus Anda lakukan penelitian sebelum Anda melakukan pembelian hosting. Pastikan Anda melihat mengenai sejarah perusahaan dan membaca ulasan pelanggan di forum DWH atau Group yang ada di Facebook.

Tanyakan ke Netizem apakah ada yang menggunakan layanan dari Perusahaan A dan gimana pelayanan mereka. Pastikan dalam hal ini anda belajar dari pengalaman orang lain, jangan anda terpaku pada review-review yang banyak bertebaran.


#4 Over Price

Overprice benar-benar menjadi pengalaman paling buruk bagi siapapun yang pernah mengalaminya… Yap, Tak sedikit pemula pemula yang terlalu muluk-muluk ketika memilih web hosting. Misalnya saja, Jika situs Website Anda masih mempunyai pengunjung yang sedikit,..

Maka Anda cukup menggunakan Shared Hosting kelas bisnis atau yang lebih rendah yang masih mencukupi lalu lintas data hingga 500 pengunjung / hari. Jika Paket anda nantinya benar-benar mentok, perusahaan yang baik, akan menyarankan kepada Anda untuk upgrade.

Misalnya Upgrade Server ke yang lebih tinggi atau pindah ke VPS. Mayoritas web hosting menyediakan pilihan upgrade dengan penawaran diskon super besar untuk pelanggan yang sudah ada karena mereka mengharga anda & website anda.


#5 Mendengar Kata Orang Di Medsos

Ketika anda bertanya Web Hosting Terbaik Indonesia, di suatu media sosial atau forum, maka puluhan orang dengan pilihannya masing-masing akan ngeyel dan Berkata “Pake Ini aja Gan, Dijamin gak nyesel”…

Tapi setelah nyoba?? Zonkk.. justru penyesalan terdalam yang anda dapatkan. Maka dari itu, jangan terlalu menggubris kata orang ketika anda bertanya di forum media sosial, pastikan dulu apakah yang mereka bilang sesuai fakta atau justru menyesatkan anda.

Akan lebih baik jika anda bertanya pada orang yang sudah anda kenal di dunia nyata, dengan begini, anda bisa langsung mencoba layanan dari perusahaan yang teman anda pilih. Misalnya melihat seberapa tanggap tim Support, melihat spesifikasi server, atau melihat performa servernya seperti apa.


#6 Tidak Melakukan Riset Sendiri

Ada ribuan perusahaan hosting di Dunia mulai dari yang Bagus, Biasa-biasa saja atau bahkan benar-benar jelek seperti sampah yang berserakan di Recycle Bin komputer anda…

Jika anda membutuhkan server untuk digunakan oleh perusahaan besar / instansi pemerintah, maka anda perlu melakukan negosiasi secara langsung dengan mendatangi kantor pusat mereka… Bukan menghubungi mereka lewat Chats / ticket.

Ada banyak keuntungan yang anda dapatkan dengan mengunjungi kantor pusat suatu perusahaan, pertama anda bisa melihat level dari perusahaan itu. Apakah bisnis rumahan, atau 100% perusahaan.

Terkadang banyak loh, dari perusahaan yang ngakunya punya SIUP atau dokumen-dokumen resmi, padahal nyatanya zonk. Realitanya domain co.id yang mereka gunakan, di daftarkan menggunakan Dokumen atas nama perusahaan Kambing. Atau mungkin pinjam sama teman / tetanga.

Kedua… Untuk kontrak jangka panjang, anda bisa langsung metting dengan pemilik usaha demi mendapatkan harga yang sedikit lebih murah dari provider. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan layanan / fitur khusus demi menunjang website yang sesuai kebutuhan.

Setelah itu, bicarakan kepada perusahaan apa yang Anda butuhkan, cari tahu yang mereka tawarkan dan putuskan apakah mereka benar-benar tepat untuk Anda dengan melihat bagaimana mereka beroperasi. Selalu membaca ulasan dan review dari setiap pengguna.


#7 Terlalu Dipusingkan Sama Hal yang Gak Penting

Mayoritas pemula terlalu dipusingkan sama pemilihan perusahan web hosting mana yang terbaik. Padahal saya sudah menuliskan 10 Rekomendasi Perusahaan Web Hosting Terbaik yang bisa anda Lihat Disini.

Atau jika anda masih dipusingkan dengan 10 pilihan perusahaan terbaik, maka anda bisa memilih Niagahoster / Hostinger yang saat ini saya gunakan. Jika anda bertanya gimana performanya, Mungkin gambar dibawah ini yang akan menjawab pertanyaan anda.

Tes Kecepatan Load

Berhubung saya menggunakan server Indonesia, maka saya memilih Australia sebagai lokasi pengetesan server. Boleh dibilang, kualitasnya gak beda jauh sama perusahaan-perusahaan raksasa seperti Hostgator, Bluehost, dll.

Dari Australia, website ini dapat diakses dengan rata-rata waktu 3-4 detik. di Indonesia sendiri dapat diakses hingga 1-2 detik. Namun semua itu tergantung dari optimasi yang anda lakukan, saya menggunakan Plugin WP-Rocket dan plugin optimasi database Wp-Optimize untuk mengoptimalkan server.

Saya menggunakan Paket Bisnis dengan harga Rp 659.400 / tahun. Jika dibandingkan dengan perusahaan lain dengan spesifikasi server yang sama, bisa dibilang Niagahoster lebih unggul dalam masalah harga dan kualitas layanan.

Menurut saya, ini adalah pilihan terbaik bagi website yang mempunyai traffict dibawah 15.000 pengunjung / hari. Apakah anda tertarik? Atau mungkin anda masih ragu? Okelah, jika anda masih ragu dengan penjelasan saya diatas, maka janganlah anda percaya kata saya!!

Percayalah pada diri anda sendiri, silahkan lakukan riset, atau hal lain yang membuat anda percaya akan layanan terbaik dari Niagahoster / Hostinger.

Tapi percayalah, saya sudah membuang watu selama 2 tahun hanya untuk memikirkan perusahaan mana yang menurut saya cocok sebelum saya Menemukan Niagahoster yang benar-benar memberikan kualitas layanan terbaiknya.

Sekarang pilihan ditangan anda, disini tugas saya hanyalah berbagi pengalaman & mencoba menghadirkan artikel yang semoga saja dapat membantu anda. Sampai jumpa di lain kesempatan, jika hal lain silahkan tulis di kolom komentar ya.

Byee.. Selamat Beraktivitas kembali……

 

About the author

Ahmad Niam

Seorang Pemuda Penggiat Teknologi Sejak Pentium 4 Hingga Munculnya Konspirasi Bumi Datar yang Kini Fokus Pada Affiliate Marketing dan Jualan Online

Leave a Comment