Business

11 Tips Memulai Bisnis Online Shop Untuk Pemula

Written by Ahmad Niam

Memulai Bisnis Online Shop – Semakin hari perkembangan bisnis online semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan, khususnya Online Shop yang banyak diminati masyarakat indonesia, bahkan Dunia…

Berbeda dengan beberapa tahun lalu, tepatnya sebelum tahun 2006, saat itu masih belum banyak Toko Online yang berdiri dan antusiasme Masyarakat terhadap Market Online masih kecil.

Setidaknya, di masa mendatang hampir 70% orang akan melakukan Transaksi online, mengingat konektivitas internet saat ini sudah hampir sempurna dan terus mengalami pemerataan di seluruh wilayah.

Kabar baik untuk anda yang punya Impian mendirikan Bisnis Online Shop, melihat banyaknya pengguna internet di Indonesia yang mencpai 70 juta, membuat potensi Penjualan anda akan semakin meningkat hingga 60% daripada jualan di Toko Offline.

Supaya tak ketinggalan Kereta, anda harus memulai membangun bisnis online shop mulai dari sekarang. Pasalnya Puluhan, bahkan Ribuan orang punya IMPIAN yang sama dengan anda, Saat ini!

Mereka juga ingin sukses, sama seperti anda.. Tapi langkah Anda dengan Mereka akan sedikit berbeda, pasalnya anda telah membaca Artikel ini yang akan memberikan petunjuk menuju jalan kesuksesan bisnis Online.

Sebelum mulai Action, anda harus memahami Pemikiran Seorang Pebisnis Online Sukses, supaya ketika anda meraih pencapaian besar, anda tak lagi terlena, Malas-malasan, sehingga akan menjadi bumerang yang kelak akan membawa karir anda pada kehancuran..

Oke, jika anda tak ingin beranjak dari halaman ini, akan saya tuliskan sedikit soal Pemikiran yang harus dimiliki Pebisnis Online:

  1. Bisnis Online beda dengan bisnis Offline, hasil tak langsung datang begitu saja.
  2. Bisnis online punya banyak resiko, tapi seorang Pebisnis sejati mampu mengatasinya.
  3. Harus sadar, butuh jam terbang untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  4. Butuh keberanian untuk mencoba hal baru, Bisnis Online bukan malas-malasan
  5. Seorang Pebisnis Online Wajib tahu soal Riset Keyword
  6. Kegagalan bukan akhir dari segala-galanya.
  7. Pebisnis online WAJIB belajar setiap hari (belajar terhadap teknologi baru)

Jika anda merasa paham tentang 7 hal diatas, silahkan lanjut!!, jika tidak lebih baik lebih baik anda pahami dulu… Atau anda akan mengalami Kegagalan menjadi Pebisnis online.

Oke, Kita masuk ke materi utama:


tentukan tujuan

#1 Tentukan Tujuan “Goals”

Seberapa besar Impian anda, tak akan terlaksana kalau anda tak memiliki sedikitpun Tujuan. Ini penting, mengingat 70% Calon Pebisnis online gagal karena ia tak memiliki Goals.

Goals, atau tujuan bisa berupa Keinginan, Pencapaian besar dll…, asalkan bermanfaat untuk anda. Seperti, tujuan anda berbisnis Online ialah untuk Mendapatkan Uang, Sukses, atau apapun itu..

Ketika anda sudah memiliki Tujuan, percuma saja kalau anda tak konsisten dalam melakukannya.. Maka selain memiliki tujuan yang pasti, anda harus konsisten…. Konsisten dalam melakukan satu tujuan itu sendiri.

Selain itu, anda harus memiliki motivasi yang kuat. Bagi anda yang sudah berkeluarga, ajaklah keluarga anda untuk mensupport anda, membantu anda, agar anda termotivasi..

Kalaupun anda masih muda, belum berkeluarga, setidaknya ajak Orang tua anda, Kerabat dekat atau jauh anda untuk memberikan semangat. Ikut sertakan mereka dalam tujuan anda.

Jangan karena ego anda melakukan sesuatu sendirian, walau gimanapun anda juga manusia, makhluk sosial yang gak bisa hidup sendiri.


temukan apa yang ingin dijual

#2 Tentukan Apa yang Akan Anda Jual

Dalam jualan Online, ada 2 yang bisa anda jual,,, Yaitu Produk Fisik dan Produk Jasa.. Mana keduanya yang terbaik?? Secara pasti saya tak akan mampu menjawabnya, karena presepsi tiap orang beda-beda..

Namun, ketika kita membahas Online Shop, pastinya kebanyakan akan menyebut “Produk Fisik”.. Ya,, Khusus untuk Online Shop, anda harus memliki produk yang bisa anda jual.

Jika tidak, bukan Online Shop namanya!!

‘TUNGGU DULU!! Tak semua produk bisa di jual di internet, karena minat orang terhadap suatu produk di Dunia Nyata dan di Internet berbeda.

Misalnya, Produk makanan… Di dunia nyata, makanan banyak di cari orang, hampir SEMUA orang butuh makan, tapi bagaimana dengan Online Shop?? Sangat sedikit!!, mungkin hanya makanan kering Khas suatu daerah yang sulit ditemui…

Jika anda jeli memanfaatkan peluang, maka apapun bisa anda jual.

Anda bisa mencari data terkait apa saja yang banyak dibeli orang di Internet, bahkan data-data ini bisa anda dapatkan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun!! Waw, inilah enaknya bisnis online!!

Riset Kewyord namanya, secara singkat, riset keyword yaitu Usaha untuk mendapatkan nilai dari suatu keyword agar mendapatkan keyword yang Punya Pesaing Rendah (untuk pemula), Konvensi penjualan sangat tinggi.. Anda bisa membacanya lebih lengkap di Panduan Riset Keyword

Khusus untuk Point ini, riset keyword hanya bertujuan untuk menemukan ide-ide pencarian yang jarang kita pikirkan… Tidak lebih!!

Secara singkat, kewyord yaitu kata atau kalimat yang sering digunakan orang untuk mencari sesuatu di internet. Riset keyword bisa anda lakukan dengan berbagai macam tool, ada yang gratis dan Berbayar.

Tenang, bagi anda yang masih belum berani Invest, menggunakan Tool Riset keyword Gratis pun sudah cukup… Oke, saya jelaskan..

Misalnya gini, anda ingin jualan Perlengkapan Wanita, setidaknya anda punya beberapa keyword utama:

  • Jual Perlengkapan wanita termurah
  • Perlengkapan cewek remaja
  • Jual Make Up Murah
  • dll

{Keyword di atas bisa anda kombinasikan sesuai selera anda}

Jika sudah terkumpul, sekarang saatnya anda merisetnya dengan salah satu Tool ini: (Bisa juga dikombinasikan)

  1. Google Keyword Planner
  2. Keywordtool.io
  3. Ubersuggest.io

Di panduan ini, saya akan mencontohkan untuk menggunakan Ubbersuggest.io, menurut pengalaman saya Tool ini lebih Powerfull dan hasilnya lebih beragam, lagi pula penggunaannya juga sangat mudah..

1. Buka Ubersuggest.io

 

cara menggunakan ubbersuggest

2. Setelah terbuka, masukkan keyword yang hendak anda analisa…. Seperti, Jual pakaian bayi, jual perlengkapan gadget dll… Dan, Tralaaa!!

Dalam sekejap anda berhasil mendapatkan ratusan keyword berkualitas…


Khusus anda yang masih belum memiliki inspirasi apa yang ingin di jual, bisa melihat inspirasi Peluang Bisnis Online Ini


riset pasar online

#3 Riset Pasar

Ada 2 cara untuk melakukan Riset Pasar, dengan cara Manual dan Berbayar.. Sebelum itu, pastikan dulu kalau produk yang anda jual tidak ketinggalan jaman, dan layak dijual di internet. Agar proses ini tidak sia-sia..

Sebelum itu, ada baiknya anda pahami dulu manfaat Riset Pasar…

  1. Untuk mengetahui minat orang terhadap suatu produk
  2. Untuk mengetahui, siapakah yang akan membeli produk anda.. Apakah Remaja, Ibu-ibu, Bapak-bapak atau yang lain
  3. Supaya anda tahu, bahwa produk yang anda jual memang benar-benar pas sesuai Zaman

Bisa dibayangkan, betapa pentingnya melakukan riset pasar.. ke-3 hal itulah yang jarang dipahami pebisnis Online pemula, jika anda melakukan Riset Pasar ini sekarang, SELAMAT!! Anda satu langkah didepan…

Pertanyaannya, Bagaimana melakukan Riset Pasar??

1. CARA MENUAL

Pastinya anda pernah berkeliling sekitar rumah?? atau tempat keramaian?? Tempat hiburan?? Pasti!!

Apa yang paling sering dicari orang?? Jika sudah ketemu, jadikan itu sebagai inspirasi.

Sama, untuk meriset pasar Online, anda bisa berkeliling ke toko-toko online, Social Media, Search Engine dll. Ini tempat terbaik untuk me-riset pasar secara manual:

  • Kaskus FJB
  • Di Group Facebook {sesuaikan dengan produk yang anda jual}
  • Marketplace

Lebih mudahkan daripada Me-riset pasar Offline kan??

2. CARA OTOMATIS

Cara ini menggunakan tool Riset Keyword seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bedanya kita akan menggunakan Google Keyword planner untuk mengetahui Tingkat Persaingan dan Jumlah pengunjung..

Dengan tool canggih ini, anda bisa melihat apasaja yang paling banyak dicari orang di Google..

Ada juga Tool milik google yang gak kalah kerennya,, Yaitu Google Trend, ini berfungsi untuk melihat Trend/popular topik di Search Engine Google..

Begini cara menggunakan GKP:

1.  Buka Google Keyword Planner

2. Jika belum punya akun Adword, silahkan daftar dulu…

3. Selanjutnya, mulai melakukan riset…. Gini caranya

  1. Klik Tab untuk memunculkan menu pilihan
  2. Ketikkan keyword yang ingin anda analisa di kotak seperti gambar diatas
  3. Pilih negara indonesia

3. Setelah itu klik “Dapatkan ide” untuk mulai melakukan pencarian.

Dalam sekejap diketahui, kalo keyword “Perlengkapan Bayi” mempunyai jumlah penelusuran bulanan 10rb-100rb… Jika anda berhasil mencapai peringkat terbaik, setidaknya 80% calon pengunjung akan jadi pembeli.


media jualan paling ampuh

#4 Tentukan Media Jualan

Ada 3 Tempat paling ampuh, Cepat, dan Gratis…

  1. Jualan di Social Media
  2. Jualan di Forum
  3. dan, Jualan di Market Place..

Ke-3 nya banyak digunakan oleh pebisnis online Pemula.. Tapi ada satu yang lebih-lebih-lebih ampuh, yaitu Jualan di Website Sendiri.. Masalahnya kebanyakan orang malas bikin Website sendiri karena tergolong mahal dan ribet..

Tapi jualan di website sendiri menghasilkan konvensi penjualan yang sangat besar. Branding anda bisa lebih mudah dikenal pembeli..

Sekarang kita kembali ke diri sendiri.. Mana yang cocok untuk produk anda, jangan sampai anda salah pilih media.

Simple kan?

Ini dia kelebihan jualan di Market Place:

  • Lebih mudah mendapatkan pembeli
  • Lebih mudah berkomunikasi dengan calon pembeli
  • Punya market yang jelas
  • Mudah dipercaya pembeli, karena Market Place sebagai pihak ke-3 akan melindungi konsumen

Kelebihan jualan di Media sosial:

  • Bisa menjangkau lebih banyak orang
  • Promosi gratis
  • Untuk media sosial tertentu seperti FB, Bisa memanfaatkan fitur Pengiklan untuk menjangkau lebih banyak orang.
  • Keuntungan 100% milik sendiri.

Tapi, jualan di Media Sosial juga punya kekurangan:

  • Sulit dipercaya pembeli {Kalo belum kenal}
  • Sering dicap nipu/bohong/ripper
  • Sulit dapat pelanggan loyal
  • Mudah dilupakan pembeli

Kelebihan Jualan di website sendiri:

  • Lebih mudah dipercaya pembeli
  • Lebih menyakinkan
  • Bisa memanfaatkan fitur Email List untuk menawarkan produk terbaru anda
  • Menggunakan nama Brand anda sendiri

Setiap media jualan online punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing…

Media mana Mas yang sebaiknya saya gunakan untuk jualan online??

GUNAKAN SEMUA!!

Yup, anda tak salah baca.. Gunakan semua media untuk jualan online, entah itu Market Place, Social Media, Di website sendiri dll.. Sebab tak ada media yang sempurna, anda harus membuatnya sempurna dengan memanfaatkan Semua yang sudah ada…

Gini caranya…

  1. Buat sebuah website E-Commerce {akan kita bahas nanti}
  2. Buat juga akun Market Place, untuk lokal anda bisa memilih Tokopedia dan Bukalapak
  3. Untuk Sosmed, silahkan anda gabung ke komunitas dengan anggota yang sekiranya membutuhkan produk anda
  4. Langkah terakhir lakukan pemasaran di Forum jual beli yang banyak dikunjungi orang, seperti Kaskus FJB

Perlu diingat, tetap fokuskan transaksi pada website anda.. Maksudnya gini, ketika ada orang yang ingin membeli produk anda, giring mereka untuk melakukan transaksi di Website anda.

Jadi, sebelum jualan online, anda harus mempunyai Sebuah Website E-Commerce.


#5  Membangun Website E-Commerce

Seperti yang sudah saya bahas di poin sebelumnya, ada 5 media jualan yang paling banyak digunakan Penjual Online pemula/pro… Tapi jualan di website sendirilah yang paling ampuh dari ke-4 media lainnya.

Tapi ini tidak Gratis!!

Anda harus mengeluarkan sedikitnya 1 juta untuk memulai. Dana itu mencakup:

  • Hosting
  • Domain
  • SSl
  • Themes

Kalau anda belum siap dengan modal sebesar itu, tak masalah. Anda bisa memulainya secara gratis dengan berjualan di Media Sosial, Forum dan MarketPlace. Jika sudah dapat untung, uangnya bisa anda gunakan untuk membangun website.

Biayanya??

Hosting pertahunnya sekitar 300-500rb. Domain 100.000 tergantung Exstensinya, SSl sekitar 100rb. Dan Theme sekitar 200-800rb. Khusus untuk Theme sebenarnya pilihan pribadi, anda tak harus membelinya karena banyak Theme keren yang bisa anda Unduh dgn gratis.

Anggap saja itu semua sebagai Investasi, toh anda akan mendapatkan lebih banyak untung nantinya…

#1. Order Hosting dan Domain

Silahkan anda lakukan order Hosting dan Domain di perusahaan langganan anda. Tapi jika anda belum punya pilihan, silahkan anda lihat 10 Perusahaan Hosting Terbaik Indonesia.

#2. Lakukan Instalasi CMS

Untuk CMS sebenarnya banyak sekali pilihannya, namun menurut saya WordPress dan Prestashop lah yang terbaik…

Caranya bisa anda lihat disini,,,

#3 Pemilihan Themes

Ada ribuan Themes yang bisa anda apakai untuk membuat toko online, salah satu yang menarik adalah Themes dari LapakInstan. Selain keren, theme ini juga dibandrol dengan harga yang sangat murah. Gak sampai 500rb kok. Jika anda berminat, bisa langsung mengunjungi website resmi LapakInstan.com

#4 Install Plugin

Khusus untuk WordPress, kini pembuatan toko online semakin mudah dengan adanya Plugin WooCommerce. Plugin ini memang khusus untuk toko online.

Cara instalnya yaitu, masuk ke Dashboard WordPress –> Plugin –> Tambah baru –> cari WooCommerce –> Install

Untuk panduan setting, bisa anda cari sendiri di Google,

#5 Lakukan Optimasi

Lengkapi semua informasi seputar website anda. Misal Nama, Deskripsi, Focus Keyword, dll. Atur sesuai dengan produk yang akan anda jual. Buat semuanya semenarik mungkin

#6 Posting Produk Anda

Setelah website Anda jadi, Anda bisa mengisinya dengan informasi produk yang Anda miliki. Buat konten yang menyakinkan, gunakan kata-kata yang mudah di mengerti. Sangat bagus bila anda punya ilmu Copywriting yang mumpuni.

#7 Lengkapi

Buatlah sebuah Page/laman yang berkaitan dengan Profil Usaha, Disclaimer, Policy Privacy, dll. Jangan lupa lengkapi toko online anda dengan Panduan pemesanan dan form order nya, Alamat usaha lengkap dengan cara menghubungi Anda.

Buat juga sebuah blog untuk diisi sesuai niche produk anda, seperti Review Produk, Diskon, Kupon, Panduan, dll


#6 Membangun Reputasi: Membuat Page

Setelah anda mempunyai Website e-commerce sendiri, bukan berarti Ribuan pelanggan akan membeli produk anda. Anda harus memperkenalkan diri kepada mereka, barulah mereka mau membeli.

Gimana caranya??

Cukup mudah, manfaatkan Social Media, Seperti Facebook, BBM, Instagram, dll… Ini sangat menguntungkan bagi anda yang sudah mempunyai cukup teman dan telah lama bermain sosmed.

  1. Langkah pertama adalah buat Page di Facebook sebagai sarana promosi.
  2. Gunakan Cover dan Sampul sesuai produk yang anda jual, buat semenarik mungkin
  3. Sertakan link ke halaman website anda
  4. Lengkapi semua deskripsi page baru anda.

Setelah page jadi, posting produk dari website anda ke Page, dan Share secara brutal. Tapi tetap gunakan Caption yang menarik, dan menggoda untuk orang membacanya.

Akan lebih baik bila anda punya tim minimal 4 orang, Satu orang bertugas memposting di website, terus Ada juga yang bertugas mengelola Page, 2 lainnya bertugas Promosi. Ini sangat menghemat waktu anda.

Agar lebih optimal, buat sebuah Blog dari Subdomain website utama anda. Blog nantinya bertugas sebagai Content Marketing, yaitu memasarkan produk menggunakan sebuah Konten Berkualitas.

Perkenalkan Website baru anda kepada teman-teman anda, siapa tau mereka tertarik dengan produk yang dijual.

Selama masa-masa perkenalan, bangun komunikasi yang baik.


panduan list bilding

#7 Membangun Reputasi: List Bilding

Email Marketing mempunyai manfaat yang sangat besar, Tidak membangun email List = Anda telah menyianyiakan kesempatan besar. Ini dia manfaat Email List:

  • Promosi gratis, cepat, tepat, dan tertarget
  • Konvensi penjualan sangat tinggi
  • Tanpa ribet, sekali nulis terkirim ke ratusan email list anda
  • Untuk menampung email orang yang tertarik dengan anda

Ketika orang memutuskan menyerahkan email ke anda, berarti mereka benar-benar telah percaya dengan anda, tinggal yakinkan mereka supaya mau melakukan tindakan.

Pertanyaan besar, Gimana cara melakukan email marketing??

Oke saya jelaskan…

#1. Daftar salah satu Email Marketing Tool ini:

  • AWeber (bulan pertama $1)
  • GetResponse (Gratis di bulan pertama saja)
  • dan, MailChimp (Gratis 2000 Email)

Berhubung hampir semuanya berbayar, maka anda harus mengeluarkan sedikit kocek.

Loh, itukan MailChimp gratis 2000 email mas???

Memang iya, tapi ia punya aturan yang sangat ketat, salah satunya yaitu dilarang mengirim pesan yang berupa ajakan buat beli sesuatu, Bahasa kasarnya Promosi. Anda harus membelinya $10/bulan untuk permulaan.

#2. Buat Optin di website anda

Anda lihat menu pendaftaran email di Website ini?? Jika iya, itulah yang dinamakan Optin. Ada banyak plugin untuk membuat optin, seperti:

Kalau saya lebih suka MyMail dari CodeCanyon.

#3. Tawarkan yang Gratis-Gratis

Orang gak akan mau bergabung dengan email marketing anda kalau belum kenal, makanya perkenalkan dulu website anda. Biar lebih akrap, tawarkan yang gratis-gratis.

Buat sebuah produk digital yang sekiranya bermanfaat, seperti: Ebook, Video, Software, Musik dll. Suruh mereka mendaftar dulu, baru bisa mengunduh konten yang mereka inginkan.

#4. Facebook ADS

Nah, untuk anda yang memiliki dana cukup tak ada salahnya untuk ber-Facebook ADS. Sebab sekali beriklan, anda bisa langsung menjaring ribuan orang sekaligus. Panduan FB ADS akan saya bahas nanti.


panduan promosi

#8 Membangun Reputasi: Promosi

#1 Memutuskan Untuk Beriklan

Sebenarnya, keputusan anda untuk beriklan patut di ajungi jempol. Namun jangan sampai anda salah langkah, bukannya dapat hasil, tapi malah buntung. Dalam beriklan, kita hanya mengenal satu kesempatan. Jadi gak bisa minta Refund jika hasil tidak sesuai yang diharapkan.

Sebagai seorang Pebisnis Online,  penting bagi Anda untuk belajar menggunakan paid traffic agar bisnis Anda dapat cepat berkembang, penjualan bisa konsisten dan bisa dilipat-gandakan dengan mudah.

Jangan hanya terpaku dari sumber Mesin Pencari, karena hasilnya terlalu lama untuk datang. Dan hanya ada 2 kemungkinan, Bisnis anda anda jalan (kalo website anda berhasil masuk PageOne) dan GAGAL.

Makanya, sedari awal membangun website anda harus fokus pada Paid traffic.

#2 Media Promosi

Banyak media promosi yang patut anda gunakan, ada yang gratis ada juga berbayar…. seperti:

  • Facebook ADS (mulai 14.000)
  • Instagram ADS (Tergantung Publisher)
  • Twitter
  • dan, Adword

Dari ke-4 media, pemula biasanya lebih memilih menggunakan Facebook ADS. Karena dinilai mudah dan murah, hasilnya pun juga sangat memuaskan (Jika berhasil).

Oke, saya akan menjelaskan sedikit tentang Facebook ADS.

#3 Kunci Sukses Facebook ADS

Berdasarkan pengalaman saya bermain-main dengan Facebook ADS, Saya menyimpulkan ada 5 kunci yang benar – benar harus Anda kuasai ketika memutuskan untuk beriklan di Fb ADS

Tanpa memahami makna 5 kunci ini, maka saya cukup yakin bahwa anda hanya akan membuang lebih banyak uang untuk beriklan tanpa hasil yang memuaskan, alias FAIL.

Pertanyannya, Apa saja 5 kunci itu??

  • Memahami Karakter Target Audince

Facebook mampu memahami perilaku seseorang melalui beberapa hal, Demography, Geography, Timing, Behaviour Connection dll. Hebatnya, fb mampu mengatur ini dengan sangat sempurna, oleh sebab itu, sangat penting untuk memahami “Gimana sih karakter target calon pembeli saya??”

  • Bagaimana Cara Mengkonvensi Pengeluaran dan Hasil

Promosi bukan soal keahlian, tapi seberapa besar Uang anda untuk Beriklan. Uang banyak = Hasil juga banyak. Makanya tak jarang orang-orang cenderung beriklan dengan jumlah dana yang tak sedikit, hingga miliaran rupiah.

Tapi, apakah mereka akan untung??

PASTI UNTUNG jika mereka telah mengkonvensi dan menganalisa dengan tepat, mereka berani karena suatu sebab dan tujuan. Sama dengan anda, tak masalah beriklan hingga ratusan juta, asalkan anda tahu berapa hasil yang akan anda dapatkan.

  • Membuat Iklan yang Menarik

Iklan menarik adalah iklan yang tertarget, karena seberapa baik Copywriting anda, percuma kalo gak tertarget

  • Memanfaatkan Tool Canggih, Syukur-syukur Gratis

Uang lagi Uang lagi… Memang, menggunakan Tool untuk beriklan adalah keharusan. Terkadang media Publisher telah memberikan fitur yang canggih untuk menarik minat anda

  • Kekecewaan

Jangan pernah puas dengan hasil yang anda dapatkan, karena itu akan menghambat langkah anda. Terus beriklan selagi itu akan berdampak baik terhadap bisnis anda.


#9 Buat Akun MarketPlace

Dengan marketplace, anda bisa mendapatkan ratusan pelanggan yang tertarik dengan produk anda dalam hitungan menit. Makanya Marketplace masih jadi primadona banyak orang.

Pelanggan pun juga nyaman karena Marketplace biasanya telah menyediakan fitur Rekber alias Rekening bersama.

Cara buat akun marketplace:

Anda bisa langsung mengisi formulir pendaftaran yang tersedia disana.


#10 Dapat Pembeli Pertama

Bukan hal mudah bagi calon pembeli untuk bertindak, mereka akan mencari tahu dulu tentang anda, jika sudah yakin barulah mereka membeli.

Alurnya sama seperti ketika anda pertama beli di internet, dan lebih mudah lagi ketika anda akan membeli untuk ke-2 kalinya. Betul??

Nah, setelah anda melakukan promosi (berarti anda sudah mendapatkan calon pembeli), maka langkah selanjutnya adalah menyakinkan calon pembeli tersebut.

Pastinya anda menginginkan pembeli kan??? Bukan calon pembeli. maka lakukan ini:

#1 Lakukan Content Marketing

Conten marketing itu ada 2 manfaat, 1. akan bermanfaat bagi orang lain, 2. memanfaatkan mereka untuk menguntungkan anda. Paham??

Jadi, buatlah konten yang memang benar-benar menguntungkan orang lain. Seperti jika anda jualan produk herbal, buatlah konten tentang penyakit-penyakit dan cara penyembuhannya. Beri mereka solusi dengan menawarkan Produk herbal yang anda jual.

Jika mereka terbantu, mereka akan membeli produk anda. Ini bukan berlaku hanya pada produk herbal, tapi pada SEMUA JENIS PRODUK.

#2 Lakukan Email Marketing

Masih ingat ketika saya menyuruh anda untuk membangun email list?? tentunya,,, Inilah sebab mengapa saya menyuruh anda untuk membangun list building sedini mungkin.

Tujuannya tak lain tak bukan untuk mengirimkan ajakan/promosi kepada pelanggan email anda. Email Marketing diniai lebih efektif soal penjualan, karena mereka sudah pasti tertarik dengan anda,

Jadi email marketing terasa lebih personal daripada konten yang ditemui di blog dll.

Alurnya seperti ini:

  • Pengunjung datang ke website karena upaya Promosi yang sudah anda lakukan sebelumnya.
  • Tertarik dengan produk anda, lantas mereka mendaftarkan emailnya
  • Anda mengirimkan kontenyang bermanfaat lewat email list
  • Terakhir, anda mengirimkan solusi dengan mengirim email promosi
  • Jadilah mereka membeli produk anda

Email marketing merupakan metode yang tepat untuk mengoptimasi upaya pemasaran anda pada bagian consideration.


 

#11 Pertahankan Bisnis Anda

Mempertahankan bisnis sebenarnya lebih sulit daripada membangunnya dari noll. Pasalnya, ketika nama anda sudah dikenal orang, anda harus melakukan banyak sekali hal-hal positif yang butuh perencanaan secara matang.

Beda dengan bisnis yang belum berkembang, hal kecil saja tak masalah kalo dilewatkan. Seperti kualitas Konten Marketing.

Dengan mengikuti panduan ini dari awal hingga akhir, berarti anda sudah mengembangkan sebuah Bisnis. Bisnis ini bukan saja soal jualan, tapi bagaimana anda memberikan asupan yang bermanfaat terhadap konsumen anda.

Semakin mereka puas, mereka akan memuaskan anda.

Marketing Funnel, tahapan seseorang untuk memutuskan membeli. Alurnya seperti gambar di atas, ketika anda berhenti memberikan hal terbaik, maka laurnya akan sampai pada nomor 4 saja.

Akibatnya??

Bisnis anda tak akan berkembang, hanya mentok disitu-situ saja, parahnya justru pelanggan anda yang kecewa. Siapa yang rugi?? Pasti anda!!

Sekarang pilihan ditangan anda, mulai dari sekarang atau anda akan ketinggalan kereta!! Buat bisnis yang terencana, atau buat bisnis yang sekali berkembang langsung Terjun Bebas

Kira-kira Itulah semua tahapan yang wajib anda ketahui untuk mulai berjualan.

Tidak sulit kan???

Semua langkah di atas tidak membutuhkan skill apapun untuk memulai, anda bisa belajar sambil menyela,. Tapi saya yakin masih banyak yang berfikr ini pasti sulit.

Maka dari itu, untuk tahu apakah ini sulit atau tidak, hanya anda yang bisa menilainya.. Buktikan sendiri dengan langsung mencoba.

Jika seandainya anda kurang paham, tinggalkan komentar di bawah ini…


 

About the author

Ahmad Niam

Seorang Pemuda Penggiat Teknologi Sejak Pentium 4 Hingga Munculnya Konspirasi Bumi Datar yang Kini Fokus Pada Affiliate Marketing dan Jualan Online

Leave a Comment

4 Comments