Mobile Teknologi Informasi

Panasonic Kembangkan Baterai Lithium-ion Dengan Dimensi Super Tipis

Written by Ahmad Niam

Berita Teknologi – Kini, sebuah Ponsel tak hanya digunakan untuk Komunikasi saja, Berkat hadirnya Smartphone, orang-orang lebih memilih beraktifitas dan bermain menggunakan si-benda mungil ini daripada harus repot-repot bawa laptop atau pc kesana kemari.

Smartphone dinilai lebih praktis dan efisien, oleh karena itulah banyak produsen memanfaatkan peluang ini dengan berlomba-lomba menghadirkan sebuh inovasi teknologi terbaru.

Seperti halnya Panasonic, Produsen Gadget asal Jepang ini, kini telah berhasil menciptakan sebuah inovasi baru berupa Battery Lithium-Oin yang super tipis dan transparan. Inovasi terbaru dari Panasonic ini masih dalam tahap pengembangan agar lebih sempurna saat dilepas di pasaran.

Berbeda dengan baterai biasa yang mempunyai body besar dan tebal, baterai terbaru milik Panasonic ini fleksibel yang bisa ditekuk layaknya sebuah palat besi. Selain itu, flexible lithium ion battery mempunyai ketebalan hanya 0,55mm.

Dengan body yang ramping, bisa ditekuk, dan mungil membuat batterai ini digadang-gadang menjadi batterai smartphone masa depan yang mempunyai body sangat tipis. Kemampuan Fleksibilitasnya mampu menahan batterai agar tetap kuat jika ditekuk hingga 15 derajat. Hal ini mampu mengurangi resiko yang lebih parah jika smartphone sewaktu-waktu mengalami masalah serius.

Untuk masalah kapasitas, bisa dibilang batterai ini masih terbilang sangat kecil. Ketiga model baterai ini masing-masing memiliki kapasitas 17,5mAh, 40mAh, dan 60mAh, Bisa dibayangkan, dengan kapasitas sekecil itu tak akan mempu menampung konsumsi daya sebuah smartphone modern.

Tak heran, batterai ini masih dalam tahap pengembangan. Namun, seiring pengembangan betterai oleh para ahli bukan tak mungkin batterai ini akan benar-benar jadi batterai smartphone masa depan.

Kita doakan saja.

Panasonic unveils bendable, flexible lithium-ion batteriesp

Dengan kemampuannya yang dapat dilipat, faktor keamanan masih menjadi hal yang sering ditanyakan oleh khalayak ramai, namun panasonic mengklaim jika baterai ini aman digunakan karena mereka telah menggunakan lapisan khusus di bagian luar yang memiliki susunan material tidak mudah bocor dan tidak akan mengalami panas berlebih meski telah dibengkokan atau ditekuk berulang-ulang.

Baterai fleksibel lithium-ion dari Panasonic ini akan tersedia untuk penjualan pada akhir bulan Oktober 2016. Para perusahaan lainnya saat ini juga berlomba-lomba menghadirkan perangkat yang memiliki sifat fleksibel. Saat ini smartphone yang terkenal akan fleksibilitasnya adalah LG G Flex series. Selain itu ada smartphone gelang Cicret Bracelet yang menjadi smartphone gelang satu-satunya.

Saya hanya berharap, dengan munculnya inovasi teknologi terbaru akan membantu memudahkan perkerjaan manusia. Khususnya teknologi Robotik.

About the author

Ahmad Niam

Seorang Pemuda Penggiat Teknologi Sejak Pentium 4 Hingga Munculnya Konspirasi Bumi Datar yang Kini Fokus Pada Affiliate Marketing dan Jualan Online

Leave a Comment

3 Comments